Dikutip dari bulletin El-Wijhah Edisi XIX
Kategori : Artikel



Saya sepakat dengan Ahmad Dhani yang menyatakan hidup lebih bermakna karena ada masalah-masalah yang harus diselesaikan. Sebab hidup manusia itu sendiri adalan masalah (problem) seseorang tidak bisa dikatakan hidup, bila tidak pernah menghadapi masalah, kualitas seseorang juga dipengaruhi oleh sejauh mana ia berhasil menyelesaikan (to solve) masalah-masalah yang dihadapi.
Masalah adalah sesuatu keadaan yang tidak sesuai dengan harapan yang kita inginkan, kemampuan kita mempertemukan keinginan dan kenyataan, itulah yang dinamakan dengan memecahkan masalah, dengan demikian pemecahan masalah (Problem Solving) dapat didefinisikan sebagai suatu proses menghilangkan suatu perbedaan atau ketidaksesuaian (Gap) yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil yang diinginkan.
Pada dasarnya pemecahan masalah (Problem Solving) terbagi dalam tiga tahap yakni: Representasi Masalah dan memutuskan apakah solusi tersebut memuaskan atau tidak memuaskan.
Langkah-langkah pemecahan masalah diperlukan Problem Solving Approach (PSA) yaitu pendekatan dengan menggunakan metode-metode keilmuan yang secara berencana dilakukan untuk mengurangi, atau menghilangkan masalah yang dihadapi. Seseorang yang akan memecahkan masalah sebaiknya memperhatikan langkah-langkah yang harus ditempuh sehingga masalah dapat diatasi dengan baik dan memperoleh hasil yang optimal.
Langkah-langkah dalam memecahkan masalah:
1.Penegasan masalah: yang meliputi langkah-langkah.
a)Mengenali cirri-ciri masalah yang ada.
b)Memilih masalah sehingga dapat membedakan antara masalah yang satu dengan yang lain, sebab bisa jadi masalah tersebut merupakan rangkaian yang saling terkait.
c)Merumuskan dalam bentuk pernyataan yang jelas
2.Mengharap masalah: yang meliputi pekerjaan sebagai berikut:
a)Pelajari baik-baik apa yang kita ketahui tentang permasalahan yang kita hadapi, barang kali pernah ada atau mirip dengan masalah yang pernah timbul sebelumnya.
b)Mencari dan mengumpulkan informasi.
c)Menganalisa dan menafsirkan tentang permasalahan yang kita hadapi
3.Menetapkan alternatif penetapan masalah:
a)Buatlah pemecahan alternatif masalah lebih dari satu.
b)Masing-masing pemecahan dipertimbangkan positif atau negatif.
c)Tentukan yang paling tepat.
4.Evaluasi:
a)Berhasil diatasi atau tidak.
b)Tentukan alternatif lain apabila gagal.
Dasar pengambilan keputusan:
1.Adanya musywarah.
2.Pertimbangan dengan cermat pendapat yang disampaikan.
3.Simpulkan dengan jelas pendapat yang ada.
4.Putuskan sesuatu dengan adil dan bijaksana.

Layout by AanZt | Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | NewBloggerThemes.com